Beltim Peringkat Pertama Kinerja Sangat Baik

BKD BABEL - Tiga kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendapatkan hasil evaluasi kinerja sangat baik, berdasarkan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah (LPPD) tahun 2014. Sementara 4 kabupaten/kota lainnya mendapat penilaian baik.

Peringkat pertama adalah Kabupaten Beltim, disusul Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung. Penghargaan penilaian ini, diberikan langsung kepada Bupati atau yang mewakili dalam sidang paripurna istimewa di DPRD Babel..

Kepala Biro Pemerintahan Babel, Elliana mengatakan, penilaian ini berdasarkan beberapa Indikator sesuai PP 6 tahun 2008 tentang evaluasi kinerja pemerintah daerah, tim yang melakukan penilaian adalah tim di pemprov Babel yang divalidasi oleh tim Kemendagri.

"Penilaian kinerja tahun 2014, kita evaluasi di tahun 2015 dan diberikan penghargaan di tahun ini.Untuk tahun 2015 yang kita evaluasi tahun ini, tahun depan baru kita berikan penghargaan," terangnya.

Ia berharap, penghargaan ini dapat memotivasi kabupaten/kota untuk berkinerja lebih baik dalam melayani masyarakat dan melaksanakan aturan serta ketentuan yang sudah ditetapkan.

"Kalau kabupaten/kota yang hasil evaluasinya rendah, ada semacam pembekalan dari pusat unruk meningkatkan kinerja. Alhamdulillah untuk di Babel, 3 kabupaten meraih hasil sangat tinggi, dan yang lain tinggi.Kami berharap kabupaten/kota terus meningkatkan kinerja sesuai aturan yang sudah ditetapkan," imbaunya.

Selain penghargaan LPPD, Biro Pemerintahan juga memberikan penghargaan kepada 3 kabupaten yang dinilai memberikan layanan terbaik dalam admnistrasi kependudukan.

"Penilaian kinerja penyelenggaraan administrasi kependudukan peringkat pertama kabupaten Bangka, kemudian Beltim, dan yang ketiga Bateng," ujarnya.

Ia menyebutkan, penilaian ini terdiri dari lima aspek yang dinilai, diantaranya adalah penyelenggaraan pendudukan, pencapaian SPM (pelayanan), arsip, organisasi dan sumber daya manusia,

"Inisudah tahun ketiga diberikan, kita melakukan penilaian terhadap administrasi kependudukan ini, tim penilai terdiri dari biro pembangunan dan instansi terkait sesuai dengan aspelk yang dinilai," ungkapnya.

Elly juga berharap, dengan adanya penghargaan ini, kinerja Disdukcapil yang sudah bekerja baik dapat terus meningkatkan kinerjanya, dan memberikan motivasi terhadap disdukcapil kabupaten/kota lainnya untuk lebih baik lagi.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
as/BKD Babel
Bidang Informasi: 
BKPSDMD