Asrama 3 dan 4 BKPSDMD Babel Jadi Tempat Karantina Covid-19. Ketahui Beberapa Hal Berikut

Pangkalpinang – Gedung asrama 3 dan 4 Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) digunakan sebagai salah satu tempat mengkarantina Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari kasus Corona Virus Disease – 19 (Covid-19).

terkait hal tersebut, Sekretaris BKPSDMD Babel, Umi Kalsum menyampaikan bahwa para pegawai mulai bekerja dari rumah secara penuh, terkecuali untuk keperluan tertentu.

“Untuk karantina ODP dan PDP ini, pihak Dinas Kesehatan Babel sudah melakukan persiapan, seperti penyemprotan cairan desinfektan dan persiapan lain yang diperlukan. Mudah-mudahan proses karantina ini berjalan dengan baik, keadaan inipun segera berakhir,” ucap Umi yang ditemui di ruang kerjanya, Kantor BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Rabu (1/4/2020).  

Disamping itu, melalui keterangan tertulisnya, Sekretaris Dinas Kesehatan Babel, Hastuti menyampaikan beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak menimbulkan keresahan.

Pertama, para ODP hanya akan menempati dan berada di dalam asrama 3 dan 4. Hanya akan keluar untuk keperluan tertentu seperti berjemur. Itupun akan dikawal petugas dan tidak keluar di area BKPSDM Babel lainnya,” kata Hastuti.

Poin kedua, bahwa penularan Covid-19 melalui droplet hanya bertahan di udara dalam jarak tertentu.

“Udara di sekitar area kantor BKPSDM Babel insya Allah  tidak akan terganggu, karena penularan Covid-19 melalui droplet (titik-titik udara/cairan hidung dan mulut pasien) yang mengandung virus hanya bertahan di udara dalam jarak kurang dari 2 meter,” jelasnya.

Dalam keterangan tertulis itu juga Hastuti menganjurkan untuk selalu menjaga kebersihan, agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Ketahanan droplet berbeda-beda, tergantung dari medianya. Untuk itu, kita harus selalu menjaga kebersihan, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum yakin tangan dalam keadaan bersih,” lanjutnya.

Terakhir, Hastuti mengucapkan terima kasih atas kerja sama BKPSDMD Babel yang telah menyediakan tempat untuk karantina.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman BKPSDM Babel atas dukungannya. Ini merupakan ikhtiar kita semua untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di daerah atau negeri yang kita cintai,” ucapnya.

Penyemprotan cairan desinfektan di gedung asrama 3 dan 4 akan dilakukan secara rutin selama masa karantina berlangsung. Sejak hari ini, para pegawai BKPSDMD Babel mulai bekerja dari rumah, secara penuh. Koordinasi antar pegawai tetap berjalan melalui aplikasi daring untuk memperlancar proses pelaksanaan tugas dan fungsi. Adapun ruangan yang disiapkan, yakni ruang ODP sebanyak 36 kamar dan ruang PDP sebanyak 24 kamar.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD