ASN Harus Berkomitmen Tinggi Terhadap Jabatan yang Diamanahkan

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus berkomitmen tinggi dalam menunaikan amanah jabatan. Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi pula komitmen yang dibutuhkan. Komitmen untuk mencintai dan bertanggung jawab terhadap jabatan yang diberikan.

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) dalam sambutannya pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Administrator, Pengawas dan Jabatan Fungsional Tertentu, di Aula Natar Praja BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (3/2/2020).

Selain komitmen, Sahirman juga menyampaikan beberapa hal yang harus dimiliki lainnya dalam menjalankan jabatan.

“Disamping komitmen, kita juga harus menjalankan jabatan yang diamanahkan dengan rasa penuh tanggung jawab, semangat, etika dan meningkatkan kapasitas kompetensi kita. Setiap orang memiliki kesempatan mengakses informasi yang sama. Hanya saja bagaimana setiap orang memanfaatkannya,” katanya.

Ditambahkannya bahwa setiap ASN juga harus mampu menyesuaikan diri dengan cepat dan dinamis terhadap berbagai kebijakan pemerintah.

“Kemudian, kita sebagai ASN juga harus mampu beradaptasi dengan segala perubahan, seperti halnya perubahan regulasi,” tambahnya.

Menurutnya, baik buruknya suatu jabatan yang diamanahkan bergantung pada ASN yang mengampunya.

“Jabatan dapat menjadi seperti halnya dua mata pedang, bisa menjadi suatu karunia atau musibah. Sebagai musibah, jika kita tidak menyiapkan diri dalam merespon jabatan yang diberikan, untuk meningkatkan kapasitan agar amanah tersebut dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sebagai karunia bahwa ini adalah kesempatan untuk meningkatkan kapasitas diri guna melayani masyarakat, Negara dan juga agama,”katanya.

Penandatanganan Berita Acara Sumpah  pada pelantikan kali ini disaksikan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Babel H. Saimi, Kepala Bidang Penilaian Kinerja, Informasi dan Kesejahteraan ASN Abdul Ghoni dan pengukuh sumpah.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD