Agenda Pengembangan Kompetensi ASN di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019

Dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN khususnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2019  melalui BKPSDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melaksanakan berbagai agenda pelatihan yang akan diselenggarakan meliputi Pelatihan Kepemimpinan TK IV, Pelatihan Dasar CPNS serta berbagai pelatihan teknis yang menjadi kebutuhan organisasi dan pengembangan kompetensi ASN serta penyelenggaraan Ujian sertifikasi PBJ dan Ujian Dinas TK I, Ujian Dinas TK II dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat.

      Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Kepala Bidang Pengembangan SDM M. Iqbalsyah, S.E. “Secara keseluruhan untuk tahun 2019 dengan lokasi pelaksanaan di BKPSDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan diselenggarakan 15 angkatan pelatihan dasar dan manajerial, 12 angkatan pelatihan teknis, dan 6 kali ujian sertifikasi PBJ, serta penyeleggaraan Ujian Dinas TK I, Ujian Dinas TK II dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat PNS Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota/Instansi Vertikal” kata Iqbal. Selain itu bagi pengembangan kompetensi teknis yang mendesak dan menjadi kebutuhan organisasi yang belum tersedia pelatihannya di BKPSDM dapat mengajukan dana kontribusi pengembangan kompetensi dari perangkat daerah ke BKPSDM dengan mengacu kepada mekanisme yang telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2018, tambahnya.

       Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan pelayanan BKPSDM khususnya dalam penyelenggaraan berbagai pelatihan pengembangan SDM dan mengantisipasi tantangan tugas yang semakin dinamis, BKPSDM telah mengembangkan aplikasi manajemen pelatihan yang disebut dengan SIM-DIKLAT, dimana mulai tahun ini, bagi setiap PNS yang membutuhkan pengembangan kompetensi melalui pelatihan klasikal dan uji kompetensi yang diselenggarakan di BKPSDM, untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai pelatihan khususnya pelatihan teknis dan ujian kompetensi, dapat mendaftarkan diri secara mandiri melalui aplikasi SIM-DIKLAT yang dapat diakses melalui alamat simdiklat.babelprov.go.id/.

     “Melalui aplikasi ini juga setiap peserta nantinya wajib memberikan input evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan pelatihan dan tenaga pengajar yang mengampu materi. Evaluasi dari setiap peserta di simdiklat tersebut penting bagi kami sebagai sumber data untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan oleh BKPSDM pada tahun ini, yang mengagendakan penyelenggaraan 27 angkatan pelatihan baik pelatihan dasar, manajerial dan teknis fungsional.” tutup Iqbal.

Silahkan unduh Agenda Pelatihan BKPSDMD Prov. Kep. Bangka Belitung Tahun 2019 disini

 

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Satriyo, M.AP-Kasubbid Pengelolaan SDM dan Kerjasama BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD