7 Peserta Lulus Ujian Pengadaan Barang/Jasa

7 peserta lulus Ujian Pengadaan Barang/Jasa yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di lantai 4, Ruang CAT (Computer Assisted Test), Kantor Gubernur Babel, Kamis (18/7/2019).

100 kuota peserta dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing 50 peserta. Dari kelompok pertama, hadir 47 orang dan lulus 4 orang. Sementara kelompok kedua, hadir 49 orang dan lulus 3 orang. Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa, Octo Army mengatakan bahwa pemahaman merupakan poin penting dalam UPBJ.

“Ujian ini ujian yang menguji pemahaman, yakni menguji Perpres 16 tahun 2018. Detail pemahaman dari Perpres ini harus dilakukan dengan baik,” kata Octo yang ditemui usai ujian kelompok pertama. Selaku pengawas, Octo juga menjelaskan bahwa semua soal dalam UPBJ sudah melalui analisa tim Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP).

“Semua pertanyaan atau soal ujian tidak ada yang tidak ada jawabannya. Itu sudah melalui analisis tim sertifikasi LKPP,” jelasnya. Peserta dengan nilai kelulusan tertinggi, yakni sebesar 190, Mardian  A.Z dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel mengakui bahwa dirinya sangat senang dapat lulus ujian ini.

“Alhamdulillah senang sekali. Ini pertama kalinya saya ikut UPBJ dengan sistem CAT. Nilai saya tadi 190,” ucap Mardian. Menurut pria yang menjabat Kepala Seksi Standarisasi Kemetrologian ini  UPBJ merupakan cara yang fair. “Secara pribadi saya setuju dengan sistem ini, lebih fair. Karena menguji pemahaman kita,” ucapnya.Mardian berharap dirinya kedepan dirinya dapat bekerja lebih baik lagi.

“Ya harapannya supaya dapat bekerja lebih baik lagi bagi Bangka Belitung,”katanya.

Sementara Pegawai Pengelola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (diklat), Syarifah Herfina Hafriati berharap agar para peserta dapat lebih serius menghadapi UPBJ.

“Yang penting kita sudah maksimal dalam memfasilitasi rekan-rekan yang ikut UPBJ ini. Kita juga berharap kedepan mereka dapat lebih fokus dan serius jika mengikuti UPBJ lagi,” harapnya.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD