14 Praja Utama IPDN Siap Magang di Bangka Belitung

Pangkalpinang - 14 Praja Utama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) siap magang dan lakukan penelitian di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai 6 sampai dengan 24 Januari 2020.

Magang dan penelitian ini dilakukan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir para Praja Utama Program Diploma IV dan Praja Utama Program Sarjana (S1) Angkatan XXVII. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) diwakili Sekretaris, Umi Kalsum menyambut baik dan meminta agar para Praja dapat menjaga nama baik selama melakukan magang dan penelitian.

“BKPSDMD Babel menyambut baik karena para Praja ini akan melaksanakan penelitian di instansi pemerintah yang sudah ditunjuk. Untuk itu kita minta supaya mereka dapat menjaga nama baik, baik pribadi, keluarga. juga IPDN sendiri,” pinta Umi yang ditemui usai acara Penyerahan dan Monitoring Evaluasi Praja Utama di Daerah, di Aula Natar Praja BKPSDMD Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (9/1/2020). 

Umi melanjutkan bahwa magang dan penelitian yang dilakukan bersifat aktual.

“Magang dan penelitian yang dilakukan kiranya yang memang aktual, yang dapat memberikan manfaat bagi instansi yang menjadi lokus dan juga masyarakat tentunya,” lanjutnya.

Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan ASN, BKPSDMD Babel, M. Erisco Nurrahman menjelaskan bahwa magang dan penelitian bertujuan untuk mencari data informasi terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan tugas di lapangan.

“Magang dan penelitian yang dilakukan para Praja ini bertujuan untuk mencari data-data informasi yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang ditemukan selama di lapangan,” kata Erisco.

Erisco juga mengatakan bahwa para Praja Utama akan dipantau selama magang dan penelitian.

“Daerah melakukan monitoring dan evaluasi tekait dengan proses magang dan penelitian mereka dan bahwa benar mereka melakukan penelitian tersebut,” katanya.

Setelah selesai magang dan penelitian, para Praja Utama akan membuat laporan yang nantinya diserahkan kepada BKPSDMD Babel sebagai bahan evaluasi dan BKPSDMD Babel akan memberikan rekomendasi deskriptif.

Sejumlah instansi yang menjadi tempat magang dan penelitian, antara lain Bakeuda Babel, Disdukcapil Bangka Barat, Disbudpar Bangka, Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang, Kecamatan Sungailiat Bangka, Desa Petaling Banjar Bangka, Satpol PP Belitung Timur, Kelurahan Parit Kecamatan Tanjungpandan Belitung, DKP Bangka, RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang dan Kantor BPJS Cabang Kota Pangkalpinang, serta Kelurahan Sungai Daeng Kecamatan Muntok Bangka Barat.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
Riko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD