27 ASN Berprestasi OPD di Babel Jalani Tes Kemampuan Bidang

Pangkalpinang – 27 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Berprestasi Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjalani tes Kemampuan Bidang, di Ruang Computer Assisted Test (CAT), lantai 4 Kantor Gubernur Babel, Pangkalpinang, Selasa (15/10/2019).

Tes CAT ini merupakan salah satu komponen dari rangkaian Pemilihan ASN Berprestasi  Babel Tahun 2019. Rangkaian pemilihan diawali dengan seleksi administrasi (16-30 September 2019), tes CAT (15 Oktober 2019), psikotest dan LGD (16 Oktober 2019) dan uji petik terkait lingkungan kerja dan tempat tinggal (21-25 Oktober 2019).

Abdul Ghoni, Kepala Bidang Penilaian Kinerja, Informasi dan Kesejahteraan ASN, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Babel menuturkan bahwa ASN Berprestasi merupaka ASN yang baik secara keseluruhannya.

“ASN yang berprestasi adalah ASN yang secara keseluruhan baik dalam kesehariannya, mulai dari tingkah lakunya, pekerjaannya, ibadahnya, juga berdisiplin,” tutur Abdul Ghoni yang ditemui diruang kerjanya.

Disamping itu, tambah Abdul Ghoni, ASN Berprestasi juga memiliki keseimbangan dalam lingkungan kehidupannya.

“ASN berprestasi tidak hanya baik di lingkungan bekerja, tapi juga baik dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat. Keadaan baik ini membuktikan bahwa dia mampu menyeimbangkan diri terhadap lingkungannya,” tambahnya.

Senada hal tersebut, Hamdan, Auditor Muda, Inspektorat Babel juga berpendapat bahwa ASN Berprestasi harus memiliki disiplin diri yang baik.

“Menurut saya ASN Berprestasi itu harus memiliki disiplin kerja yang baik. Kalau disiplin kerjanya baik, maka pekerjaan yang dihasilkannya juga akan baik. Kemudian, ASN Berprestasi itu juga adalah ASN yang memahami tugas dan fungsinya. Setidaknya dia tahu apa output dari pekerjaannya,” kata Hamdan usai mengikuti tes.

Terisa Lastiana, Analis Kepegawaian Muda, BKPSDMD Babel selaku panitia menyampaikan bahwa kedepan direncanakan agar pemilihan ASN Berprestasi dapat tersosialisasikan dengan lebih baik.

“Kedepan kita rencanakan agar ASN Berprestasi ini dapat disosialisasikan dengan lebih baik lagi, supaya peminatnya atau ASN yang ikut semakin bertambah,” kata Terisa.

Terakhir Terisa menyampaikan bahwa pemilihan ASN Berprestasi diharapkan menjadi suatu motivasi dan apresiasi bagi ASN yang mengabdi di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pemilihan ASN Berprestasi ini dilaksanakan, selain untuk memotivasi para ASN kita, juga sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada ASN yang berprestasi dan mengabdi kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Terisa.

Sumber: 
BKPSDMD
Penulis: 
Ernawati Arif, S.Sos - Pranata Humas Muda BKPSDMD
Fotografer: 
BKPSDMD
Editor: 
RIko Apriyanto, S.Ikom - Kasubbid Data BKPSDMD
Bidang Informasi: 
BKPSDMD